Jumat, 25 Mei 2012

CARA KERJA MESIN MOTOR BENSIN 2 TAK

                                                  Cara Kerja Motor Bensin 2 Tak




Motor 2 Tak
Sebetulnya cara kerja pada mesin motor 2 tak sangat simpel, hakekatnya mesin motor 2 tak pada sebuah ruang pembakarannya terjadi dua kali langkah piston.
Sebelum semuanya dijelaskan ada dua singkatan :
-Titik Mati Atas  (TMA) atau dengan kata lain Upstroke,
-Titik Mati Bawah (TMB) atau dengan kata lain Downstroke.


Langkah Pertama TMA ke TMB
Piston bergerak dari TMA ke TMB maka terjadilah penekanan pada ruang bilas yang ber ada diruang piston ,pada lubang linier terdapat lubang dari intake dan exhaust.Pada saat piston bergerak melewati lubang exhaust, gas yang ada pada ruang bakar akan keluar melewati lubang exhaust. Sedangkan saat piston melewati lubang intake maka gas yang berada diruang bilas yang ikut terpompa oleh piston akan masuk kedalam ruang bakar, dan saat ini sedang terus berlanjut gas dari sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui exhaust.


Langkah Kedua dari TMB ke TMA
Pada saat piston bergerak dari TMB ke TMA akan melakukan penghisapan campuran bahan bakar, udara, dan oli samping.Setelah piston melewati lubang intake dan lubang exhaust, maka piston akan melakukan sistem kompresi yang terjadilah tekanan pada ruang bakar. Piston akan terus menekan hingga tepat di posisi TMA, sedangkan campuran bahan  bakar dan udara yang sudah dapat tekanan dari piston akan terbakar oleh api yang dihasilkan oleh sebuah busi, setelah itu terjadi pada uang bakar maka akan diteruskan ke langkah tenaga , dan tenaga disalurkan ke bagian tramisi,itu terjadi selama mesin motor anda hidup.

Mungkin sekian yang saya bisa jelaskan semoga bermanfa'at.

0 komentar:

Posting Komentar